Saturday, January 26, 2013

Menumpang di SMTP Gmail

Saya punya account email Yahoo dan account email gratis lainnya, dan accoun email kantor. Saya tidak ingin menggunakaSetting SMTP XL Axiatan akun email gratis saya untuk kirim email mengenai urusan pekerjaan/kantor. Email Yahoo dan email gratis hanya saya pakai untuk teman-teman dan urusan yang tidak ada hubungannya dengan kantor saya.
Setiap kali akun email kantor bermasalah, saya menggunakan SMTP dari ISP (Internet Service Provider) yang sedang saya pakai. Meskipun server email kantor sedang bermasalah, saya tetap bisa kirim email. Caranya, cukup dengan mengganti setting SMTP di Thunderbird atau Outlook sesuai dengan SMTP milik ISP yang saya pakai. Email saya akan masuk di server penerima dengan user name dan domain name kantor saya sebagai pengirim.
Namun ada dua hal yang saya kurang suka dari SMTP milik ISP. Yaitu:
  • Umumnya SMTP dari ISP memakai port 25 dan tidak dienkripsi (unencrypted). Padahal " unencrypted connection could easily be read by a third party.". Meskipun kita tidak perlu memasukkan pass word dan user name untuk mengirim email menggunakan SMTP dari ISP, tetapi saya tetap khawatiSetting SMTP Smartfrenr alamat email saya terbaca dan digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Kalau saya mengganti SIM Card / RUIM Card, maka saya juga harus mengganti setting SMTP di Thunderbird atau Outlook. Kalau sedang pakai Matrix atau Im3, maka saya harus mengganti SMTP menjadi smtp.indosat.net.id. Kalau sedang pakai XL, maka saya harus mengganti SMTP menjadi smtp.xl.net.id. Kalau sedang pakai Smartfren, maka saya harus mengganti SMTP menjadi smtp.smart.co.id.

Tahun lalu seorang teman saya mengundang saya untuk bergabung dengan Gmail. Waktu itu, saya pikir Gmail tidak berbeda dari account email gratis yang lain. Tapi setelah memakai Gmail, saya sangat terbantu dengan fitur Gmail yang memungkinkan kita untuk mengirim email menggunakan alamat email lain. Yang saya sukai dari menumpang di SMTP Gmail adalah:

  • Saya tidak perlu lagi mengganti setting SMTP di Thunderbird atau Outlook kalau berganti SIM Card / RUIM Card.
  • Saya juga tidak perlu khwatir alamat email saya terbaca dan digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, karena SMTP memakai koneksi TLS (dienkripsi).
  • Saya dapat menggunakannya di jaringan WiFi.

Panduan lengkap untuk memakai Gmail untuk mengirim email menggunakan alamat email lain ada di web Gmail. Untuk ringkasan panduannya dapat diikuti di bawah ini:

1) Log in ke Gmail melalui web browser dan masuk ke menu setting Menumpang di SMTP Gmail 1

2) Masuk ke Tab Account and Import dan klik Add another email address you own

Menumpang di SMTP Gmail 2

3) Isi alamat email kantor anda dan hilangkan centang di kotak Treat as an alias

Menumpang di SMTP Gmail 3

4) Klik pada Send through kantorsaya.com SMTP server dan isi password

Menumpang di SMTP Gmail 4

5) Gmail akan mengirim email ke alamat email kantor. Anda harus menkonfirmasi dengan mengklik link yg dikirimkan. Setelah itu, anda sudah bisa menumpang di SMTP Gmail dengan mengganti setting SMTP di Thunderbir atau Outlook dengan SMTP Gmail

Menumpang di SMTP Gmail 5

10 comments:

  1. Mantap Bro, ini solusinya, untuk yahoo ganti port SMTP sudah tidak mempan sepertinya, dengan begini, bisa akun email lain bisa ditumpangkan ke gmail...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Bro, email lain bisa kita tumpangkan ke SMTP Gmail

      Delete
  2. idiiiiwww......oke juga nih dan berhasilll

    ReplyDelete
  3. update...masih bisa dipake solusi dari mas bro ini...makasih yo!

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Sama2, Mas Nurman Sutiawan. Terima kasih

      Delete
  5. sore pak, pak percobaan sudah berhasil, hanya yg saya ingin tanyakan, untuk from nya bukan email kantor ya muncul, tetapi email gmail yg muncul ya? tq

    ReplyDelete

You can use HTML tags.