Wednesday, April 22, 2015

Memperbaiki Kabel Charger/Adaptor Laptop "jadoel" (BenQ Joybook)

Untuk Anda yang mengalami masalah kabel charger/adaptor laptop putus, seperti yang saya alami, saya sarankan untuk mencoba memperbaiki sendiri. Mudah, murah dan hanya perlu waktu sekitar 30 menit. Jangan buru-buru beli Charger/adaptor pengganti, kecuali kalau memang charger/adaptor-nya yang rusak.

Sudah sejak dua bulan lalu kabel charger/adaptor laptop "jadoel" saya (BenQ Joybook S32B) bermasalah. Baterenya sMemperbaiki Charger Laptop 1.jpgering kali tidak terisi, meskipun charger/adaptor sudah dihubungkan ke stop kontak listrik. Charger/adaptor kadang berfungsi mengisi batere kalau bagian kabel dekat jack power input saya ubah-ubah posisinya (kadang-kadang saya luruskan, kadang-kadang saya bengkokkan sedikit). Sepertinya bagian dalam kabel di bagian itu hampir putus. Jadi tiap kali akan memakai Laptop, saya ada kegiatan rutin tambahan. Yaitu mengutak-atik bagian kabel dekat jack power input Laptop. Selama hampir dua bulan ini, cara "primitif" ini berhasil. Namun sejak dua minggu yang lalu, cara "primitif" saya tidak lagi berhasil. Sepertinya kabel di bagian itu sudah benar-benar putus.

Sebuah toko spare parts laptop yang juga melayani perbaikan laptop tidak bersedia mempebaiki kabel charger/adaptor laptop saya. Toko tsb, malah menyarankan supaya charger/adaptor laptop diganti baru. Harganya Rp 250 ribu, katanya. Karena saya yakin, yang rusak/putus hanya kabelnya, bukan chargernya, maka saya pikir Rp 250 ribu terlalu mahal.

PT Galva yang merupakan Agen Resmi BenQ malah memberi jawaban yang mengejutkan. Kata pihak Galva, BenQ sudah tidak lagi memproduksi Laptop. Galva juga sudah tidak punya persediaan charger/adaptor laptop BenQ Joybook S32B atau yang sejenis dengan type itu. Pihak Galva menyarankan untuk mencari charger/adaptor laptop merk lain (yang cocok) di toko-toko spare parts laptop.

Sebagian besar toko spare parts laptop di BEC (Bandung Electronic Center) tidak menjual charger/adaptor laptop yang sesuai dengan Laptop saya. Ada satu toko yang punya charger/adaptor yang katanya untuk BenQ Joybook S32. Harganya Rp 275 ribu. tetapi penampakannya beda dengan charger/adaptor laptop BenQ Joybook S32B yang saya punya. Toko lain menawarkan charger/adaptor laptop merk lain (Acer), yang katanya cocok untuk BenQ Joybook S32B. "Yang ori, Rp 250 ribu, yang KW Rp 150 ribu." katanya. Saya hampir beli yang dia sebut KW, tetapi tidak jadi, karena saya lihat bentuk power jack-nya beda dengan yang saya punya.Memperbaiki Charger Laptop 2.jpg

Hari itui, Minggu 19 April 2015, saya beranikan diri untuk memperbaiki sendiri kabel charger/adaptor laptop saya. Dengan memakai cutter, saya belah lapisan luar kabel di dekat jack power input. Setelah terbelah, saya baru tahu bahwa kabel charger adalah kabel konsentrik. Satu kabel di tengah (dalam), dan kabel yang lain menyelubunginya. Tampak kabel serabut yang di bagian luar terputus. Mungkin sudah tidak tahan menderita tarikan, puntiran dan bengkokan berkali-kali selama bertahun-tahun (maklum Laptop ini sudah saya pakai sejak tahun 2008). Saya berharap, kabel bagian dalam masih baik dan hanya kabel yang di bagian luar yang terputus.

Saya tidak punya Multimeter. Jadi saya melakukan test dengan menghubungkan chager/adaptor ke stop kontak listrik, dan menyentuhkan dua bagian yang putus itu memakai kawat (bekas paper clip). Ternyata Charger/adaptor berfungsi mengisi batere laptop. Jadi kabel bagian dalam masih baik dan hanya kabel yang di bagian luar yang terputus.Memperbaiki Charger Laptop 3.jpg

Terus, bagaimana menyambung kabel yang terputus ini? Kalau memakai solder, saya khawatir isolasi kabel bagian dalam jadi rusak karena kena panas. Jadi saya putuskan untuk menyambungnya memakai aluminium foil. Saya lilitkan ukuran 1 cm x 5 cm ke bagian kabel yang putus. Kemudian saya rekat dengan cellotape.

Setelah saya test, dan ternyata Charger/adaptor berfungsi mengisi batere, maka saya rapikan selubung kabel yang tadi saya belah, setelah itu saya rekat dengan cellotape. Kabel pada bagian itu memang jadi agak "gendut" karena di dalamnya ada aluminium foil. Tetapi yang penting, Laptop "jadoel" saya sudah dapat saya gunakan lagi.

Memperbaiki Charger Laptop 4.jpg

23 comments:

  1. Wahhh nice info + makasih gan...
    Jack laptop saya jga bermasalah,sya jga pake cara primitif wktu itu hehehe
    Tpi saya gk punya alumium foil kalo pke tambal panci bisa kan :/ ??
    Nama saya juga agus kok bang :v

    ReplyDelete
  2. Ha ha ha... saya jadi makin bangga punya nama Agus.
    Tambal panci itu maksudnya dipatri/solder ? Saya memang nggak berani pakai solder, karena khawatir panasnya merusak isolasi kabel. Tapi kalau Mas Agus bisa memakai solder dengan hati-hati, saya kira hasilnya lebih bagus daripada pakai aluminium foil.

    ReplyDelete
  3. ada pinnya gak?

    biar ane invite ane mau nanya

    ReplyDelete
  4. owh gak usah di solder juga bisa ya? itu langsung dibuka aja bagian luar nya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas Ridwan.Lapisan luar kabel saya belah dengan cutter. Di bagian kawat yang putus saya tempel aluminium foil.

      Delete
  5. kalo kabel nya putus dua-duanya gimana bang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Septi Tri Wahyuni Siregar: Kalau kabel nya putus dua-duanya, sambung dulu kabel bagian dalam, dan tutup dengan isolasi/seloptape. Sesudah itu, rapikan kabel bagian luar dengan aluminium foil dan dirapikan. Kabelnya akan jadi "gendut", tapi....."Don't ever be tired until you get what you want!" :)

      Delete
  6. Saya Ngalami maslah yang sama mas, kabel serabutnya putus. Sudah coba pake cara kayak yg mas lakukan. Tapi masih belum berhasil :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, koq belum berhasil... Saya khawatir, kabelnya putus tidak hanya di satu tempat. Baiknya ditelusuri dulu dengan memakai Multimeter.

      Delete
    2. Ada tutorialnya ga mas.

      Oh ya kalo ganti kabel charger gini. Nyati dmana ya mas

      Delete
    3. Saya nggak punya tutorialnya, Mas Sugeng
      Setiawan

      Semula, saya juga ingin mengganti kabel charger Laptop yang putus ini. Saya sudah coba cari, tapi tidak ketemu. Para penjual kebanyakan menawarkan satu set lengkap (kabel + Charger), harganya sekitar Rp 250 ribu.
      Kalau Mas Sugeng mau mengganti dengan satu set lengkap (kabel + Charger), sebelum memastikan membeli, yakinkan dahulu bahwa kabel, plug/jack, dan charger itu benar2 sesuai dengan laptop Mas Sugeng. Kalau perlu, minta jaminan penjual.

      Delete
  7. Mas kalo kabel nya yg putus deket adaptor gimana ?
    Tks.

    ReplyDelete
  8. Mas kalo kabel nya yg putus deket adaptor gimana ?
    Tks.

    ReplyDelete
  9. Selamat sore mas Agus,
    Ini laptop saya kalo dicas putus nyambung gitu setelah saya otak atk dibagian sambungan adaptornya bisa tersambung tapi hanya sebentar kira kira gimana yah mas ngatasinya

    ReplyDelete
  10. Selamat sore mas Agus,
    Ini laptop saya kalo dicas putus nyambung gitu setelah saya otak atk dibagian sambungan adaptornya bisa tersambung tapi hanya sebentar kira kira gimana yah mas ngatasinya

    ReplyDelete
  11. Om kalo yg putus pas bagian ujung pangkal kabel (untuk sambung keadaptornya) yg 3 pin itu gimana nyambungnya?
    Apa harus di belah dulu pangkal kabelnya?

    ReplyDelete
  12. Mas bro bisa pake alumunium foil rokok gk untuk nyambungnya?

    ReplyDelete

You can use HTML tags.