Saturday, November 7, 2015

Kirim File lewat Bluetooth dari Symbian ke Android

Telah beberapa kali saya gagal melakukan transfer file memakai Bluetooth dari ponsel saya, Nokia E72 (Symbian) ke Tablet Asus Fonepad 8 (Android Kitkat ). Padahal, selama ini ponsel Nokia E72 itu selalu berhasil untuk kirim maupun terima file dengan memakai Bluetooth ke /dari ponsel lain, laptop maupun desktop. Saya memang belum familiar dengan Android. Karena itu, saya berusaha mencari informasi tentang masalah itu di internet.
Kemudian, di forums.androidcentral.com, saya dapatkan solusinya di sebuah posting oleh Debjan . Berikut adalah cara yang saya pelajari dari Debjan.

1. Aktifkan Bluetooth pada Aktifkan Bluetooth pada ponsel dan Tablet Android , kemudian lakukan pairing antara ponsel dengan Tablet Android

2. Kirim file dari ponsel ke Tablet Android . Tunggu sampai di layar Tablet Android muncul Text: "incoming file from another device. Confirm that you want to receive this file".


3. Usap (Swipe) kebawah sudut kiri atas layar Tablet Android di bagian yang ada simbol panah panah kecil.


4. Pada layar Tablet Android akan muncul System Notifications .


5. Pada System Notifications, sentuh pada bagian text "Bluetooth Share Incoming Files".

6. Pada layar Tablet Android .akan muncul "File Transfer " dan Anda diminta konfirmasi apakah akan menerima atau tidak.


File akan diterima di Tablet Android dan akan disimpan di folder Bluetooth.

Semoga bermanfaat.

Berikut adalah alamat forums.androidcentral.com: http://forums.androidcentral.com/google-nexus-7-tablet-2012/193451-bluetooth-recieve-files-not-working.html

No comments:

Post a Comment

You can use HTML tags.