Sunday, July 15, 2007

Super Peek-a-Boo Telah Berfungsi Kembali

Berbeda dengan Worpress, Blogspot tidak menyediakan "Read more". Hal ini menimbulkan masalah jika kita menulis posting yang panjang dan ingin memotongnya menjadi bagian yang langsung tampak dan bagian lain yang baru akan ditampakkan setelah "Read more" di-klik. Meskipun begitu, saya terlanjur nyaman dengan Blogspot yang sangat fleksibel. Sementara ini saya belum tertarik untuk pindah ke blog hosting lain. Lagi pula, ada blogger-blogger yang dengan sukarela membuatkan hacks untuk melengkapi Blogspot. Di antaranya adalah Ramani (Hackosphere) dan Hans (Beautiful Beta) Beberapa hari lalu "Read more" di blog saya tidak dapat berfungsi. Semula saya kira penyebabnya adalah karena saya memakai Mozilla FireFox. Saya coba ganti dengan IE, namun hasilnya tetap sama. Kemudian saya menduga, mungkin ada masalah pada Windows saya. Untunglah, hari Sabtu, 14 Juli 07, tanpa sengaja saya baca posting: Hacks broken again: here's the fix oleh Ramani. "Read more" di blog saya memang memakai script yang dibuat Ramani dan Hans. Sedang info mengenai cara membuat "Read more di Blogspot saya dapat dari Mas Joni Putra. Ramani dan Hans telah membuatkan "Read more" secara sukarela alias gratis untuk para pemakai Blogspot. Mereka menyebutnya super peek-a-boo. Saya pernah memakai "Read more" versi lain, tetapi kemudian memilih super peek-a-boo. Yang saya suka dari super peek-a-boo adalah respon yang lebih cepat. Ketika "Read more" di-klik, bagian kedua dari posting akan langsung tampak dan tersambung dengan bagian pertama. Posting dan halaman tidak perlu di-reload dari awal, yang biasanya memakan waktu. Begitu juga sebaliknya, bagian kedua dari posting akan langsung menghilang setelah kita meng-klik "Less". (di posting Hans disebut "Collapse". Di posting Mas Joni Putra disebut "Summary only" ) Menurut perkiraan Ramani, super peek-a-boo telah dipakai oleh lebih dari 1000 blog. Tidak mengherankan jika traffic ke web yang menyimpan file javascipt ini begitu tinggi dan melampaui bandwidth. Kata Ramani, hal inilah yang menyebabkan "Read more" di blog saya (dan juga semua blog pemakai super peek-a-boo) tidak dapat berfungsi. Solusinya, Ramani meminta para pemakai super peek-a-boo untuk mengcopy kode-kode javascipt super peek-a-boo ke template blogspot masing-masing. Dan benar, setelah saya copy ke template saya, "Read more" di blog saya berfungsi kembali seperti semula. :-) Thank you, Ramani..! Thank you, Hans ..!

No comments:

Post a Comment

You can use HTML tags.