Tuesday, February 24, 2009

Lagu Chrisye di Iklan Kampanye Partai Politik

pemilu images.jpeg

Engkau masih anak sekolah satu SMA Belum tepat waktu tuk begitu begini Anak sekolah datang kembali Dua atau tiga tahun lagi

Ini adalah reffrain Lagu Anak Sekolah yang dinyanyikan almarhum Chrisye. Saya tidak menyangka lagu ini (setelah syairnya diganti) dipakai sebuah partai politik besar untuk iklan kampanye Pemilu 2009. Dalam iklan tersebut, antara lain dikemukakan keberhasilan partai politik tersebut memperjuangkan anggaran pendidikan.

Saya memang menyukai lagu-lagu Chrisye. Tetapi Lagu Anak Sekolah ciptaan Oddie Agam ini sebenarnya bukan termasuk lagu kesukaan saya. Saya lebih suka lagu-lagu Chrisye sejenis Badai Pasti Berlalu, Lilin Kecil, dan semasanya. Meskipun begitu, saya tetap kurang suka ada partai politik yang memakai Lagu Chrisye untuk iklan kampanye. Kenapa tidak pakai lagu lain saja, pikir saya.

Sesaat sebelum menulis posting ini, saya membaca komentar di posting The Best Prambors Dasa Tembang Tercantik 1977-1990, bahwa konon alm. Chrisye juga pernah menyanyikan single untuk kampanye sebuah Partai Politik pada Pemilu 1987.

"...Gw punya Singel Chrisye yang judulnya AKU CINTA GOLKAR Wakakakakakakakakk...Lagu ini dipake buat Kampanye Partai Ntu waktu pemilu 87... " kata penulis komentar itu. Konon Lagu ini remake dari lagu aku cinta dia yang diganti syair nya. Wah saya baru tahu bahwa penyanyi yang saya kagumi ini, semasa hidupnya aktif dalam politik.

Sebenarnya saya lebih senang jika penyanyi kesukaan saya tidak terlibat politik. Tetapi saya menghormati hak Oddie Agam, almarhum Chrisye ataupun ahli warisnya untuk mendukung suatu partai dan aktif berpolitik.

No comments:

Post a Comment

You can use HTML tags.