Tuesday, November 24, 2009

Mengapa Blog Saya Juga DiBlokir?

Tadi malam saya sedang mengubah sedikit tampilan blog saya di blogspot. Saya bisa log in, mengisi user name dan pass word. Saya juga bisa mengganti gadget, melihat preview, dan menyimpan (save) perubahan. Tetapi setelah menekan "View", yang muncul "...not found".

Semula saya menduga saya telah melakukan kesalahan sewaktu membuat perubahan tampilan, sehingga blogspot tidak dapat menampilkan blog saya. Karena itu, tampilan blog saya kembalikan seperti semula. Saya coba lagi, yang muncul tetapt"...not found". Saya sempat khawatir kalau blog saya "terkunci" dan semua posting saya di blogspot hilang.

Untunglah malam ini, blogspot saya sudah bisa diakses lagi. Baru se jam yang lalu saya baca di Yahoo! News bahwa Depkominfo Blokir Blogspot di First Media. Apakah tadi malam blogspot saya juga terblokir? Tetapi saya pengguna Smart Telecom, bukan First Media.

Konon pemblokiran blogspot ini terjadi karena ada miskomunikasi antara Menkominfo dengan pihak APJII. Menkominfo memberikan mandat kepada Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) untuk memblokir sebuah blog yang dinilai menghina umat Islam. Tetapi ternyata bukan hanya blog tersebut yang terblokir, blog-blog lain yang menggunakan blogspot ikut terblokir.

Adakah cara blokir yang lebih selektif? Atau..... perlukah memblokir blog?

Baca juga:

No comments:

Post a Comment

You can use HTML tags.