Wednesday, July 10, 2013

Ketika Yang Wajib dan Yang Sunah Menjadi Satu

Sidang Isbat untuk menentukan awal Ramadhan tahun ini berlangsung tanpa dihadiri Muhammadiyah. Organisasi Muslim yang bergerak di banyak bidang sosial, kesehatan, pendidikan dll. ini telah memutuskan bahwa awal Ramadhan tahun ini adalah Selasa, 9 Juli 2013. Sepertinya Muhammadiyah merasa, kehadirannya di Sidang Isbat tidak akan mengubah keputusan Sidang untuk menunggu terlihatnya Hilal. Muhammadiyah juga mengganggap keputusannya sudah final, apapun keputusan Sidang Isbat, awal Ramadhan bagi Muhammadiyah adalah Selasa, 9 Juli 2013.

Seperti kita ketahui, pada Sidang Isbat, Menteri Agama mengumumkan bahwa awal Ramadhan tahun ini adalah Rabu 10 Juli 2013.

Selasa pagi 9 Juli 2013, sesaat setalah tiba di kantor, Satria, teman saya bertanya: "Sudah puasa?". Saya menjawab "Belum." Saya memang mengikuti pengumuman pemerintah.

"Satria sudah puasa?" saya balik bertanya. Dia menjawab: "Iya, saya puasa." Satria melanjutkan, "Saya mulai puasa hari ini, bukan karena saya Muhammadiyah, tapi saya cari aman. Kalaupun ternyata Ramadhan memang baru besok Rabu, berarti puasa saya hari ini puasa sunah"

Di posting Ketika Yang Haram dan Yang Wajib Menjadi Satu saya menulis tentang perbedaan hari Idul Fitri pada tahun 2011. Tanggal 30 Agustus 2011 masih bulan Ramadhan bagi sebagian Muslim di Indonesia yang mengikuti pengumuman pemerintah. Namun hari itu juga hari Idul Fitri bagi sebagian Muslim lainnya, yang mengikuti pengumuman Muhammadiyah. Menariknya, Muslim diwajibkan berpuasa pada bulan Ramadhan tetapi diharamkan berpuasa pada hari Idul Fitri. Jadi pada situasi seperti tahun 2011, orang-orang seperti Satria harus mengikuti salah satu pilihan secara konsisten, tidak bisa cari aman seperti awal Ramadhan tahun ini.

Kepada Anda yang sedang membaca posting ini, kepada pengunjung blog ini, kepada penulis-penulis komentar di blog ini (yang sebagian besar mengaku sebagai Anonymous), kapanpun Anda mengawali bulan Ramadhan, saya mengucapkan selamat beribadah Ramadhan. Semoga Allah menerima ibadah kita.

1 comment:

You can use HTML tags.