Thursday, July 16, 2015

Ebony vs Ivory : Modem Haier CE 100 vs Option iCON XY

Semula saya tidak merasa perlu punya Modem GSM. Sejak awal 2009 Modem CDMA Haier CE 100 adalah satu-satunya modem yang saya punya, dan saya anggap cukup memenuhi keperluan internet saya. Terlebih lagi, waktu itu, Kartu RUIM Smart adalah pilihan paling ekonomis untuk internetan. Smart sewaktu masih "jomblo" sangat "bermurah hati". Namun sifat "bermurah hati" itu semakin berkurang setelah Smart "dikawinkan" dengan Fren. Karena itu, Modem Haier CE 100 yang sudah "unlock" itu sering berganti-ganti RUIM Card. Starone, Flexi dan SmartFren saya pakai bergantian.
Kemudian, saya dengar kabar buruk, bahwa jaringan CDMA akan digusur dari ranah telekomunikasi Indonesia. (Konon, untuk memberi lahan bagi jaringan 4G LTE). Sayapun jadi ingin juga memakai Modem 4G LTE, karena tergiur iklan yang menonjolkan kecepatan internet di jaringan 4G LTE. Namun ternyata banyak hal yang membuat saya membatalkan memakai Modem 4G LTE. Yaitu, coveragenya masih sangat terbatas, dan ada yang modemnya di"lock" dengan operator tertentu. Di samping itu, standar dan frekuensi jaringan 4G LTE yang akan dipakai di Indonesia masih belum jelas.TDD atau FDD? Dan di frekuensi berapa? Bahkan ada laporan kecepatan 4G LTE justru bisa lebih lambat dari 3G.
Awal Maret 2015, saya membeli modem GSM 3G. Pilihan saya jatuh pada Modem Option iCON XY, karena harganya murah. Saya beli di di JakartaNotebook.com sekitar Seratusan ribu rupiah. Kiriman Modem Option iCON XY ini saya terima dari kurir JakartaNotebook.com dalam sebuah kotak kertas tanpa seal/segel. Di dalamnya juga tidak ada lembaran petunjuk penggunaan (instruction manual). Berbeda sekali dengan sewaktu saya beli Modem CDMA Haier CE 100. Kiriman Modem Haier CE 100 saya terima dalam sebuah kemasan plastik rapi dengan seal/segel yang utuh. Di dalamnya ada brosur dan petunjuk penggunaan (instruction manual) dan juga kabel USB extension. Saya sempat berpikir, apakah modem Option iCON XY ini modem bekas atau refurbished?

Karena tidak ada petunjuk penggunaan, sewaktu akan memasang SIM Card, saya sempat kesulitan untuk membuka penutup/cover Modem Option iCON XY ini. Kalau Modem Haier CE 100, tanpa baca manual-pun kita mudah membukanya, karena di covernya ada tanda panah yang memberi petunjuk untuk menggeser penutup agar terbuka. Di Modem Option iCON XY tidak ada tanda apapun. Saya terpaksa Searching dulu untuk mengetahui cara membukanya. Untunglah di web doktertekno.info saya dapat info: "Untuk memasukan sim card kita dorong ke atas salah satu sisi putih yang polos". Perlu saya tambahkan, untuk membukanya, lebih mudah mengungkit pada sisi polos dibagian yang tidak ada jack USBnya. Kalau perlu gunakan kuku Anda untuk mengungkit. Waktu mendorong/mengungkitnya sebaiknya pelan-pelan/hati-hati, supaya kaki-kaki penutup modem ini tidak patah.

File-file driver ada di dalam modem. Instalasi Driver dapat langsung dilakukan setelah modem Option iCON XY dihubungkan ke port USB di PC atau Laptop. Anda juga dapat mengunduh File-file driver. Linknya ada di web doktertekno.info;
Di Modem Option iCON XY ada slot micro SD Card. Apabila Anda memasang sebuah micro SD Card di slot tsb., modem ini juga dapat difungsikan sebagai perangkat penyimpan data seperti flash disk.

Review saya selama memakai modem Option iCON XY:
Yang saya suka pada modem Option iCON XY:

  • Jack/colokan USB Option iCON XY bisa diputar 180 derajat, jadi tidak perlu memakai penutup Jack/colokan USB yang mudah hilang/terjatuh. Modem Haier CE 100, penutup Jack/colokan USBnya sudah hilang sejak lama.
  • Selama saya pakai, Modem Option iCON XY belum pernah menjadi panas berlebihan.
Yang saya tidak suka modem Option iCON XY:

  • Option iCON XY tidak bisa untuk telpon. Tidak bisa untuk kirim SMS dan tidak bisa untuk kirim USSD (misal untuk mengetahui saldo pulsa dengan kirim *123# atau *888#). Modem Haier CE 100 bisa untuk telpon, bisa untuk kirim/terima SMS dan juga kirim USSD
  • Agak ribet untuk membuka cover/penutup Modem Option iCON XY untuk memasang/mengganti SIM Card. Modem Haier CE 100 sangat mudah untuk memasang/mengganti RUIM Card
  • Option iCON XY tidak dilengkapi petunjuk penggunaan (instruction manual). Paket penjualan Modem Haier CE 100 dilengkapi brosur dan petunjuk penggunaan (instruction manual) dan juga kabel USB extension.
  • Kalau modem Option iCON XY kena benturan, meski hanya benturan kecil, koneksi gampang putus, bahkan kadang modem harus di-restart. Hal ini tidak pernah jadi masalah pada Modem Haier CE 100.
  • Waktu saya pakai di laptop punya kantor (Windows 8), modem Option iCON XY kadang-kadang hang/freeze. Hal ini tidak pernah jadi masalah pada Modem Haier CE 100.
  • Option yang berkantor pusat di Belgia sepertinya sudah tidak memproduksi modem. Jadi dukungan purna jual modem Option iCON XY sepertinya hanya dapat diharapkan dari pihak penjual (distributor/toko).
Meskipun sekarang sudah ada Option iCON XY yang warnanya putih, modem Haier CE 100 yang warnanya hitam itu masih sering saya gunakan. Sepertinya saya masih bisa terus memakai kedua Ebony and Ivory ini selama masih ada operator yang masih bertahan di jaringan CDMA.


3 comments:

  1. modem Haier CE 100 APAKAH BISA DIGUNAKAN DENGAN KARTU SMART YG TERBARU SEKARANG. SMART 4G LTE....TOLONG INFORMASINYA. TRM KSH.

    ReplyDelete
  2. SAYA MASIH MEMILIK CE 100 HAIER DAN MASIH BAGUS

    ReplyDelete
  3. Menurut saya, tidak bisa, Mas Agus. Modem Haier CE 100 didisain untuk memakai teknologi CDMA EVDO Rev A, belum untuk teknologi 4G LTE.
    Saya sendiri masih wait & see terhadap teknologi 4G LTE, karena di Indonesia belum ditetapkan standar frekuensinya dan apakah di FDD atau TDD.

    ReplyDelete

You can use HTML tags.