Saturday, August 4, 2018

Memakai Modem Speed Up di Windows 10

Modem saya  Speed Up, Model U-32, selama ini dapat saya gunakan di Laptop saya (Lenovo, Windows 8.1). Namun, akhir tahun lalu, OS Windows di Laptop saya ada masalah, sehingga harus diinstal ulang. Kali ini dengan Windows 10. Sejak itu Modem Speed Up saya tidak bisa lagi dipakai di Laptop ini. Di sudut kiri bawah display Speed Up Studio muncul tulisan "No Device" (screenshoot di bawah ini).

Saya mencoba seaching di internet untuk mendapatkan cara supaya Modem Speed Up-Model U-32 ini dapat gunakan di Windows 10.  Beberapa cara yang ditulis di sejumlah blog mengenai Modem Speed Up di Windows 10 sudah saya coba, tetapi tidak berhasil. Saya juga sudah mengirim email kepada Customer Support Modem Speed Up (support@SpeedUp.co.id), tetapi tidak dijawab. Saya sampai hampir mau downgrade OS di Laptop saya dari Windows 10 ke Windows 8. Tetapi saya urungkan, mengingat bakal repotnya menginstal kembali program-program di laptop setelah ganti OS.
Pada hari Sabtu, 4 Agustus 2018 saya membaca posting Ardhi Hardiyan di blog-nya, dengan judul “Mengatasi Masalah Modem SpeedUp Studio(U-32) No Device di Windows 10”. Semula saya ragu, karena cara yang ditulis di posting ini lebih sederhana dari yang pernah saya baca di bog lain. Tidak perlu “Un-install” dan “Re-Install” drivers Modem. Tidak perlu  masuk  ke “Registry Editor”. Tetapi karena cara yang cukup sederhana ini, saya pikir tidak ada salahnya untuk mencobanya.
Setelah saya ikuti cara dikemukakan Ardhi Hardiyan, di luar dugaan saya, ternyata di sudut kiri bawah display “Speed Up Studio” muncul status Signal Jaringan, Mode Jaringan data, dan Nama Operator (screenshoot di bawah ini). Sesudah itu, Modem Speed Up-Model U-32 ini dapat saya gunakan dengan lancar di Windows 10.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ardhi Hardiyan yang telah memberikan solusi dengan cara sangat mudah dan sederhana, sehingga Modem Speed Up-Model U-32 ini dapat gunakan di Windows 10. Sayang sekali, blog ArdhiHardiyan tidak dilengkapi comment form. Dalam kesempatan ini, kepada Mas Ardhi Hardiyan saya ucapkan terima kasih. Semoga Allah membalas kebaikan Mas Ardhi Hardiyan.
Untuk Anda yang mengalami masalah dalam memakai Modem Speed Up-Model U-32 di Windows 10, saya salin cara yang dikemukakan Ardhi Hardiyan:
  1.  Install Aplikasi dari dalam modem SpeedUp Studio U-32 (bawaan pabrikan)
  2. Setelah install sukses buka folder dimana aplikasi modem SpeedUp Studio U-32 terinstall, yaitu di : C:\Program Files (x86)\SpeedUp\SpeedUp Studio(U-32)\Driver\Win_64
  3. Disana ada beberapa file yaitu: dcportcfg.info, sprd_wvcom.inf, sprd_wvmdm.inf . Klik kanan mouse lalu muncul window pilih Install lakukan hal yang sama untuk ketiga file tersebut.
Semoga berhasil.


No comments:

Post a Comment

You can use HTML tags.