Saturday, May 20, 2023

Lupa Hari Besar Nasional

Hari ini tanggal 20 Mei 2023. Baru sesudah agak siang saya ingat bahwa tanggal 20 Mei adalah Hari Kebangkitan Nasional. Maklum sudah lama tidak jadi anak sekolah, dan di kalender tanggal 20 Mei warna nya sama dengan hari hari  biasa. Lagi pula  "Kebangkitan Nasional" sekarang sepertinya lebih mudah diasosiasikan  pada nama sebuah partai politik. Di samping itu,  "Budi Utomo " yang sangat erat dengan sejarah Hari Kebangkitan Nasional, bagi saya generasi bukan Milenial lebih mudah diasosiasikan pada nama sebuah sekolah menengah yang pelajar nya sering terlibat tawuran. (Syukurlah,  kabarnya sekolah tersebut sekarang sudah tidak suka tawuran.  Bahkan menjadi sekolah yang berprestasi dan berkontribusi membuat Mobil ESEMKA yang merupakan salah satu yang mendukung popularitas Jokowi yang mengantar beliau menjadi Presiden). 
Bukan hanya Hari Kebangkitan Nasional, sebenarnya,  bulan lalu, waktu tanggal 21 April 2023, saya juga lupa bahwa hari itu adalah Hari Kartini, karena hari itu dekat sekali dengan Hari Raya Idul fitri.  Apalagi terjadi perbedaan mengenai tanggal 1 Syawal antara versi perhitungan/ Hisab (yang dilakukan Muhammadiyah)  dengan versi menunggu penampakan bulan/ Hilal  (yang dilakukan Nahdlatul Ulama dan Pemerintah). Hari Kartini semakin kurang dapat perhatian,  karena soal perbedaan mengenai tanggal 1 Syawal ini semakin ramai dengan kasus hukum yang menjerat Andi Pangeran Hasanuddin, seorang peneliti BRIN. 
Di samping itu, saya juga lupa bahwa tanggal 2 Mei 2023 adalah Hari Pendidikan Nasional.  Maklum sudah lama tidak jadi anak sekolah, dan di kalender tanggal 2 Mei warna nya  juga  sama dengan hari hari  biasa. Perhatian saya lebih pada tanggal  1 Mei (Hari Buruh), karena  di kalender warna nya merah dan merupakan hari libur nasional. Perkenankan saya menambahkan,  sangat disayangkan,  bahwa kata "Buruh" bukanlah kata  yang disukai banyak orang.  Silakan lihat, di banyak perusahaan, nama yang dipakai adalah Serikat Karyawan atau Serikat Pekerja, bukan Serikat Buruh.  Banyak di antara kita yang tidak mengaku sebagai Buruh, bahkan tidak tahu bahwa dirinya  adalah termasuk kelompok buruh. Padahal semua orang yang bekerja dengan menerima gaji atau upah adalah buruh. Selama profesi Anda ada  di kuadran E di "Cashflow Quadrant" Robert  Kiyosaki, maka Anda adalah buruh. 



 


No comments:

Post a Comment

You can use HTML tags.