Tuesday, September 29, 2020

Liku liku Mendapatkan Sukuk Ritel SR013

Di posting sebelumnya, saya menulis mengenai biaya biaya berinvestasi Sukuk Ritel SR013. Di posting ini saya menulis mengenai liku liku saya mendapatkan Sukuk Ritel SR013.

Ada 31 Mitra Distribusi Sukuk Ritel SR013.  Satu di antara nya adalah Bank Syariah Mandiri. Kebetulan di dekat kantor saya ada kantor Bank Syariah Mandiri. Karena itu saya datang Bank ini, menanyakan cara mendapatkan Sukuk Ritel SR013.

Setelah menunggu cukup lama (Customer Service di Bank Syariah Mandiri ini hanya 2 orang), akhirnya tiba giliran saya. Customer Service mengatakan, kalau saya ingin berinvestasi di Sukuk Ritel SR013, saya harus membuka internet banking dahulu. Persyaratan inilah yang membuat saya ragu. Saya sedang tidak memerlukan internet banking....

Mitra Distribusi Sukuk Ritel SR013 yang lain adalah Bank Mandiri. Di sebuah Ruko di dekat tempat tinggal saya ada kantor Bank Mandiri. Kantor nya kecil. Mungkin ini Kantor Cabang Pembantu. Sewaktu saya menanyakan cara mendapatkan Sukuk Ritel SR013, Customer Service mengatakan, bahwa pihak mereka belum mendapatkan petunjuk mengenai Sukuk Ritel SR013. Dia menganjurkan saya untuk menanyakan ke sebuah kantor cabang Bank Mandiri yang lebih besar. Customer Service ini malah menawarkan sebuah produk Unit Link.

Meskipun kantor cabang Bank Mandiri yang disebutkan Customer Service itu letaknya agak jauh dari tempat tinggal saya, saya datang juga ke sana. Namun ternyata Customer Service di sini juga tidak mengerti mengenai Sukuk Ritel SR013. Dia memberi saya nomor telepon seluler seorang rekannya di kantor pusat Bank Mandiri, yang menurut dia memahami mengenai Sukuk Ritel SR013.

Setelah kembali dari Bank Mandiri, saya segera menghubungi nomor ponsel yang saya dapatkan dari Customer Service tersebut. Dari jawabannya atas pertanyaan saya, saya simpulkan bahwa, staf Bank Mandiri ini memang memahami mengenai Sukuk Ritel SR013. Namun sayang, dia mengatakan, untuk pengisian dan tanda tangan dokumen pembelian Sukuk Ritel SR013, saya harus datang ke Kantor Pusat Bank Mandiri.

Saya malas datang ke Kantor Pusat Bank Mandiri. Karena itu, saya mencoba alternatif lain, yaitu Mitra Distribusi online. Saya menanyakan hal hal mengenai Sukuk Ritel SR013 melalui email kepada 2 Mitra Distribusi online, yaitu Bareksa dan Investree. Jawaban dari Bareksa cukup lengkap, dan saya terima beberapa jam setelah saya mengirimkan email. Sedangkan jawaban dari Investree baru saya terima 2 hari setelah saya mengirimkan email. Jawaban Investree juga tidak "nyambung" dengan pertanyaan saya.

Akhirnya, saya memilih untuk membeli Sukuk Ritel SR013 di Bareksa. Pendaftaran dan pengisian aplikasi pembelian semuanya dapat dilakukan melalui ponsel. Saya tidak perlu datang ke Kantor Bareksa, ataupun mengirimkan dokumen (hard copy). Sehari setelah mendaftar, saya sudah dapat mengajukan aplikasi pembelian Sukuk Ritel SR013. Sesudah melakukan pembayaran, saya mendapat konfirmasi dari Kementerian Keuangan mengenai  pembelian Sukuk Ritel SR013




No comments:

Post a Comment

You can use HTML tags.