Sunday, December 9, 2007

Pedagang Hewan Kurban Musiman

Setiap tahun menjelang Idul Adha, banyak pedagang hewan musiman di berbagai tempat di Jakarta. Saya juga pernah membeli hewan kurban dari pedagang hewan musiman seperti ini. Tetapi kemudian saya lebih memilih mempercayakan kurban kepada beberapa lembaga penyelenggara kurban. Dua di antaranya adalah Tebar Hewan Kurban dan Rumah Zakat. Alasan saya untuk mempercayakan kurban kepada lembaga-lembaga tersebut adalah:
  1. Saya tidak suka repot memilih hewan kurban. Lagi pula saya kurang faham cara memilihnya.
  2. Menurut Tebar Hewan Kurban , daging kurban akan dibagikan ke berbagai daerah. Rumah Zakat mengatakan bahwa mereka menyimpan sebagian daging kurban dalam kaleng sehingga sewaktu-waktu dapat dimanfaatkan untuk memberi bantuan ketika ada bencana.
  3. Praktis dan mudah. Kita cukup mentransfer uang sejumlah harga hewan kurban yang ditetapkan (bisa berbeda antara satu lembaga dengan lainnya, entah mengapa). Bahkan kalau tidak salah Rumah Zakat juga menerima kartu kredit.
  4. Sebagai pelanggan masakan pinggir jalan, saya sungguh terganggu dengan munculnya pedagang hewan musiman. Sering kali mereka membuat kandang sapi dan kambing tidak jauh dari warung-warung makan langganan saya. Saya sangat suka sate kambing. Tetapi menyantap sate kambing sambil mencium aroma kambing hidup sungguh merusak selera. Menjelang Idul Adha, saya kira sebagian besar pedagang warung tenda akan merosot pendapatannya.
          Selamat Idul Adha dan selamat berkurban!

        2 comments:

        You can use HTML tags.