Wednesday, January 27, 2010

Trik Aman Menembus Pemblokiran Facebook

Sejak beberapa bulan yang lalu. Facebook menjadi situs yang "haram" diakses di kantor saya. Admin IT memblok akses internet ke Facebook. Memang saya dengar ada beberapa kantor yang "bermurah hati" membuka akses ke Facebook pada jam istirahat. Tetapi Admin kantor saya sepertinya tidak mau repot. Akses ke Facebook ditutup sepanjang hari.

Untuk menyiasati pemblokiran Facebook, saya pernah mencoba memakai Google Translate, seperti yang dianjurkan oleh opera mini demo 2.jpgbeberapa posting di blog. Tetapi cara ini tidak berhasil.

Setelah googling, saya kemudian mencoba memakai proxy gratis untuk membuka Facebook. Cara ini memang berhasil, tetapi kemudian saya membaca bahwa, ini bukan cara yang aman untuk mengakses Facebook. Pemilik proxy tentu bisa mengetahui password dan informasi pribadi kita, dan juga teman teman kita di Facebook. Tidak ada jaminan bahwa data-data tersebut tidak dapat disalahgunakan.

Kebetulan, sewaktu akan mendownload Opera Mini, saya mendapati halaman http://www.opera.com/mini/demo/, yang dimaksudkan untuk simulasi Opera Mini di PDA atau ponsel. Dengan simulator ini kita bisa melakukan browsing ke berbagai situs, termasuk ke Facebook. Trik ini memang belum 100% aman. Pengelola Opera pasti juga bisa mengetahui data-data pribadi kita. Namun paling tidak, reputasi Opera masih baik dan lebih bisa dipercaya dari proxy-proxy gratis.

Ada beberapa kekurangan akses Facebook dengan Simulator Opera Mini:

  • Karena dimaksudkan untuk dipakai di layar PDA atau ponsel, maka tidak seleluasa seperti di layar komputer
  • Kita memang bisa memakai key board komputer, tetapi ada beberapa tombol yang tidak sesuai. Misalnya tombol angka "2" akan menghasilkan huruf "a", tombol angka "3" akan menghasilkan huruf "d", dan seterusnya. Jadi kalau mau menuliskan angka, gunakan keypad yang di simulator (klik memakai mouse).

Akhirnya, apabila ingin mengguanakan trik ini, harap memakainya pada jam-jam istirahat saja.

No comments:

Post a Comment

You can use HTML tags.