Monday, February 1, 2010

Jangan Asal LogIn di Facebook!

Belum lama ini, saya memperhatikan halaman login Facebook yang sering saya pakai ternyata bukan https. Mungkin anda juga sering login ke Facebook melalui http://www.facebook.com. Perhatikan, di adress bar tertulis http, bukan https. Berhati-hatilah jika login di halaman http seperti ini. Halaman ini tidak ter-enkripsi. Ada kemungkinan username dan password kita dapat diketahui dan dipakai oleh orang lain. facebook http.JPG

Penjelasan singkat tentang https dan http dapat dibaca di sini. Penjelasan yang lebih panjang bisa dibaca di sini. Umumnya halaman login memakai https bukan http. Contohnya adalah halaman login Yahoo dan Gmail. Pada adress bar tertulis https dan di sudut kanan bawah muncul gambar gembok.

https.JPG

Saya sudah lama ragu, apakah Facebook akan melindungi privasi dan kerahasian kita, terutama setelah membaca pendapat pendiri Facebook, Mark Zuckerberg tentang privasi. "Privacy no longer a social norm, says Facebook founder" (guardian.co.uk, 1 Januari 2010). Apakah karena pendapat Mark Zuckerberg itu, maka login Facebook diletakkan pada halaman yang dibiarkan tidak ter-enkripsi? Sebenarnya Facebook juga menyediakan halaman login yang ter-enkripsi (https). Tetapi sayang halaman itu tidak langsung muncul jika kita masuk ke Facebook dari mesin pencari.

Bagaimana supaya kita bisa login ke Facebook dengan lebih aman? Berikut adalah cara login ke facebook melalui https:

  1. Jangan mengisi apapun pada http://www.facebook.com.
  2. Langsung saja klik "Login". Pada layar akan muncul https://login.facebook.com/login.php?login_attempt=1.
  3. Pastikan bahwa yang tertulis di adress bar adalah https dan di sudut kanan bawah ada gambar gembok. Setelah itu isi username dan password Facebook.

facebook https.JPG

Kalau anda terlanjur login ke Facebook melalui halaman yang tidak ter-enkripsi, seperti http://www.facebook.com, sebaiknya segera mengganti password.

7 comments:

  1. Terima kasih, Mas Ary.
    'moga Facebook makin menghargai privacy penggunanya

    ReplyDelete
  2. Sipp... Makasi Infonya pak...
    Informasi-informasi yang ada di jendela ini sangat bermanfaat. supaya saya selalu bisa update post-post terbaru, bagaimana pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2. Terima kasih Mbak Rachmi.
      Saya jadi malu, karena sudah lama tidak bikin posting baru. Malah sampai ada beberapa comment yg belum saya jawab. Saya akan usahakan untuk mulai bikin posting lagi.
      Saya sdh Datang ke Dunianya Mbak
      Rachmi
      . Posting Mbak Rachmi bsgus2.
      Salam

      Delete
  3. kalau udah terlanjur gak bisa di buka gimana mas agus

    ReplyDelete
  4. Gak bisa di buka? Maksud, Mas Jeffry apakah password Mas Jeffry ditolak/dianggap salah? Kalau password sudah benar tetapi selalu dianggap salah, sepertinya akun FB Mas Jeffry diambil alih (dibajak) dan passwordnya diganti. Saya tidak tahu apakah FB dapat membantu mengembalikan akun FB Mas Jeffry. Cara paling gampang adalah buat akun FB baru dan memberitahu teman2 kita bahwa akun yg lama dibajak/di-hack,

    ReplyDelete

You can use HTML tags.