Friday, January 15, 2010

Server POP3 Yahoo Tidak Bisa Diakses Memakai Smart Telecom?

Saya selalu menggunakan Thunderbird untuk membaca dan mengirim email. Namun sejak beberapa hari lalu, saya tidak dapat mengakses email Yahoo memakai Thunderbird. Saya sudah coba merubah beberapa setting pada account email saya, termasuk mengganti security setting POP3 yang semula SSL menjadi TLS dan No SSL. Semuanya tidak berhasil.Smart Telecom POP3 Yahoo.JPG

Smart Telecom Yahoo smtp 1.JPG

Kemarin saya mengganti kartu RUIM Smart Telecom yang selama ini saya pakai, dengan kartu RUIM Indosat Starone. Ternyata saya dapat mengakses dan mengirim email Yahoo dengan lancar memakai Thunderbird. Berarti masalahnya ada di Smart Telecom.

Mengapa Server POP3 Yahoo tidak bisa diakses memakai Smart Telecom? Apakah Yahoo mem-blok- akses Smart Telecom ke server POP3 dan SMTP Yahoo?

11 comments:

  1. sama pak, saya juga tidak dapat receive send email yang berbasis pop smtp yahoo. Masalah ini timbul seminggu terakhir ini.

    ReplyDelete
  2. salam kenal
    mudah2an artikel saya bermanfaat
    http://jarno.web.id/tips-n-trik/cara-setting-smtp-email-client-koneksi-smart-telecom

    tks

    ReplyDelete
  3. @ Suyatmo: Beberapa hari lalu dilaporkan ke Smart (882). Hari ini saya coba, ternyata sudah bisa terima & kirim email. Moga2 untuk seterusnya nggak ada masalah lagi.

    @ Jarno/Anonymous: Salam kenal juga. OK nanti saya coba. Thanks

    ReplyDelete
  4. Tambahan : saya sudah mencoba cara yang dipaparkan di http://jarno.web.id/tips-n-trik/cara-setting-smtp-email-client-koneksi-smart-telecom, namun tetap saja tidak bisa. #sedih.

    ReplyDelete
  5. @yudiastri:
    Sorry baru jawab. Saya sudah tanya ke CS Smart. Menurut CS, Smart memang mengarahkan pelanggannya untuk memakai smtp.smart.co.id dan tidak mengijinkan memakai smtp.yahoo.com.
    Smart tidak peduli meskipun sudah banyak keluhan dan protes seperti di http://www.kaskus.us/showthread.php?p=166539900

    ReplyDelete
  6. coba set alamat smtp tetap di alamat yg lama seperti smtp.mail.yahoo.com.sg atau smtp.mail.yahoo.co.id, cuma port-nya diganti ke port SSL semacam 465 ato 587 (jangan pake default port yg 25) ..

    ReplyDelete
  7. maaf, ada yg kurang ... Cekboks "This server requires a secure connection (SSL)" biarkan kosong/jangan dicentang .. dengan port diganti ke angka tersebut di atas ..

    ReplyDelete
  8. @ Delfiar: thanks untuk triknya. Sementara belum saya coba, karena saya lagi nunggu respon SMART soal billing yg kacau.
    Salam

    ReplyDelete
  9. @Delfiar,
    saya baru nemu artikel ini, thanks utk triknya, jalan di port 587

    ReplyDelete
  10. saya juga pak,,ketika login bisa tapi saat membuat mail gak bisa,,

    ReplyDelete
  11. @ Obat Herbal Kanker Kelenjar Getah Bening :

    Maksudnya waktu membuat settingan POP3? Setahu saya untuk POP3 (untuk baca email) sdh normal. Jadi bisa pakai seting pop.mail.yahoo.com di port 995. Kalau mau pakai IMAP4 juga bisa dg seting imap.mail.yahoo.com di port 993. Tetapi untuk SMTP (untuk kirim email) Smart memang mengarahkan pelanggannya untuk memakai smtp.smart.co.id dan tidak mengijinkan memakai smtp.yahoo.com.
    Salam

    ReplyDelete

You can use HTML tags.