Wednesday, August 31, 2011

Ketika Yang Haram dan Yang Wajib Menjadi Satu

Hari ini, 30 Agustus 2011 puasa diyakini sebagai suatu yang wajib oleh sebagian Muslim di Indonesia, namun hari ini puasa juga diyakini sebagai sesuatu yang haram oleh sebagian Muslim lainnya. Hari ini, 30 Agustus 2011 masih bulan Ramadhan bagi sebagian Muslim di Indonesia, namun hari ini juga hari Idul Fitri bagi sebagian Muslim lainnya. Muslim diwajibkan berpuasa pada bulan Ramadhan tetapi diharamkan berpuasa pada hari Idul Fitri.
Organisasi-organisasi besar Islam tidak ada perbedaan dalam penetapan awal Ramadhan 1432 H. Namun sepakat mengenai awal Ramadhan, ternyata tidak berarti sepakat juga mengenai akhir Ramadhan. Seperti yang kita ketahui, akhirnya sebagian Muslim di Indonesia merayakan Idul Fitri tanggal 30 Agustus 2011, sebagian lagi masih terus berpuasa pada hari tersebut dan merayakan Idul Fitri tanggal 31 Agustus 2011.
Meskipun demikian, kepada Anda yang sedang membaca posting ini, kepada pengunjung blog ini, kepada penulis-penulis komentar di blog ini (yang sebagian besar mengaku sebagai Anonymous), kapanpun Anda mengakhiri bulan Ramadhan, saya mengucapkan selamat Idul Fitri. Semoga Allah menerima ibadah kita. Mohon maaf, lahir dan batin. Mohon maaf juga jika ada tulisan di blog ini yang menyinggung perasaan Anda.

1 comment:

  1. Gara2 lebaran mundur sehari, ada teman saya yang menulis status di fb: "Karena hilal setitik, rusak opor sebelanga". :).
    Selamat Idul Fitri, Mas Agus..

    ReplyDelete

You can use HTML tags.