Sunday, March 15, 2015

Mencegah "Download Misterius"

Suatu hari, laptop saya langsung memulai proses download meskipun saya belum menjalankan Mencegah "Download Misterius" 1program apapun, baik browser atapun aplikasi email. Laptop saya langsung memulai proses download begitu terhubung ke internet. Karena paket internet saya "miskin kuota", tentu saja hal ini merisaukan saya, apalagi yang didownload jumlahnya besar. Usaha saya menghemat paket internet gagal total. Kuota yang memang tinggal sedikit, habis dalam waktu beberapa menit saja.

Saya sudah coba "disconnect" dan "connect" modem, melepas SIM Card, dan me-restart laptop, tetapi kejadian "Download Misterius" ini kembali terjadi. Proses download kembali terjadi begitu laptop terhubung ke internet. Saya mulai khawatir kejadian "Download Misterius" disebabkan oleh virus, malware, adware atau spyware. Namun setelah saya melakukan scan, ternyata Avira tidak mendeteksi virus di laptop saya. Saya jadi makin khawatir, jangan-jangan virus yang menginfeksi laptop saya sangat canggih sehingga Avira tidak mampu mendeteksinya.

Setelah searching di sana-sini, saya dapat informasi bahwa hal itu terjadi karena Sistem Operasi Windows melakukan proses update. Di situs yang saya baca disebutkan, bahwa hal itu dapat diatasi dengan mudah, dengan cara mengubah setting System Properties di Windows dari Automatic Update menjadi Manual Update.
Segera saya ikuti petunjuk tersebut. Saya klik Start> Control Panel> System> Automatic Update , sampai muncul display berikut.

Mencegah "Download Misterius" 2


Pada panel System Properties tampak bahwa setelan yang aktif di laptop saya adalah Automatic . Inilah yang menyebabkan laptop saya langsung memulai proses download meskipun saya belum menjalankan program apapun. Untuk mencegah terulangnya hal tersebut, saya ubah setelan System Properties di laptop dari Automatic menjadi Notify me but don't automatic download or install them. Dengan setelan ini, Windows akan memberitahu setiap ada update baru tetapi tidak akan langsung men-download, seperti di bawah ini.

Mencegah "Download Misterius" 3

Setelah mengubah setting Windows Update, saya tidak lagi mengalami kejadian "Download Misterius".
Apakah Windows tidak perlu di update? Tentu perlu. Windows tetap saya update secara manual sewaktu kuota paket internet masih banyak, atau.....kalau saya sedang dapat koneksi internet gratis :)

Perubahan setelan update menjadi manual juga saya lakukan pada program-program lain, seperti browser, aplikasi email, anti virus dan lain-lain. Seakarng saya tidak khawatir lagi kuota paket internet habis akibat ada program yang tiba-tiba men-download update.

No comments:

Post a Comment

You can use HTML tags.