Sunday, July 17, 2011

Ass = Assalamualaikum?

"Ass. bagaimana kabarnya?". "Ass. W.W. Tolong .........". " Ass. Sy sdh email.........". Demikian beberapa SMS yang pernah masuk ke ponsel saya. Saya memahami bahwa pengirim SMS-SMS ini ingin mengucapkan "Assalamualaikum".

Saya juga memahami bahwa "Assalamualaikum" adalah sebuah ucapan salam yang mengandung doa. Sedangkan kata "Ass", setahu saya lebih banyak dipakai untuk kata-kata vulgar dan untuk memaki. Jadi saya agak geli membaca SMS yang memakai kata "Ass" untuk menyingkat ucapan "Assalamualaikum".

Sesuai namanya, SMS memang dimaksudkan sebagai sarana menyampaikan pesan singkat (dibatasi sampai 160 karakter/SMS). Tentu tidak salah, jika pengirim SMS juga menyingkat kata-kata dalam SMS. Tetapi alangkah baiknya jika kata ucapan "Assalamualaikum" yang begitu indah disingkat dengan memakai singkatan yang tidak mudah diasosiasikan dengan kata-kata vulgar atau kata makian.

Bagaimana kalau "Assalamualaikum" kita singkat dengan "Aslmkm"? Atau anda punya saran yang lebih bagus?

No comments:

Post a Comment

You can use HTML tags.