Saturday, April 6, 2019

Mengatasi Masalah "Low Storage" di Windows 10

Suatu hari, beberapa program seperti MS Word, MS Outlook, dll.  tidak bisa lagi dijalankan di Laptop saya (ooopss... maksud saya, laptop kantor yang dipinjamkan kepada saya, Lenovo ThinkPad, Windows 10). Tentu saja hal ini menghambat kelancaran pekerjaan saya.
Beberapa saat kemudian,  saya lihat di display laptop muncul warning bahwa Laptop ini mengalami "Low Disk  Space" atau "low storage". .
Low Disk Space

Kalau dilihat di bagian "Setting", indikasi Storage Drive C yang biasanya  berwarna biru  menjadi berwarna kuning, dan ruang yang masih free hanya tinggal beberapa MB. Sepertinya masalah "Low Disk Space" ini yang menyebabkan beberapa program (MS Word, MS Outlook, dll.)  tidak bisa dijalankan.
Semula saya mengira, hardisk saya penuh, karena terlalu banyak Temporary Files, tetapi ternyata Temporary Files di Laptop ini hanya sedikit. Jadi bukan  Temporary Files yang jadi penyebab penuhnya hardisk drive C di Laptop ini. Saya juga sempat ingin memperbesar kapasitas Drive C, tetapi tidak jadi, karena saya khawatir akan menyebabkan beberapa program terhapus.
Sesudah searching  sana-sini, saya ketemu  tulisan di  www.laptopmag.com "Hard Drive Full? Here's How to Save Space in Windows 10".  Petunjuk yang diberikan di tulisan tersebut adalah agar  menghapus files-files besar yang tidak lagi kita perlukan. Ini caranya:

  1. Di Windows Exploler, masuk ke "This PC"
  2. Klik drive C.
  3. Pada Tab View, klik "Details"
  4. Pada "Search Box" ketik "size:", kemudian klik "Gigantic".  Pada tampilan di bawah, terlihat bahwa file-file "rakasasa" di Laptop saya, hampir semunya dari Kapersky Antivirus.  Sepertinya Kapersky Antivirus secara periodik mendownload file-file berukuran"rakasasa" ke Laptop saya. 
Gigantic Files


Sesaat saya ragu-ragu untuk menghapus file-file itu. Saya khawatir tindakan itu akan mengurangi kinerja Kapersky Antivirus dalam melindungi Laptop saya. Tetapi kemudian  saya menganggap, Kapersky Antivirus seharusnya hanya memerlukan file-file terbaru saja. Jadi file-file lama sudah dapat dihapus (tetapi saya tetap tidak mengerti, mengapa Kapersky Antivirus  tidak menghapus sendiri file-file lama yang sudah diperbaharui itu?)
Akhirnya saya memutuskan untuk  menghapus sebagian file-file "rakasasa"  itu, dan saya menyisakan hanya file-file yang didownload Kapersky Antivirus selama 3 bulan terakhir. Saya yakin, Anda semua sudah tahu caranya (sort di "Date Modified", kemudian hapus semua file "rakasasa" yang lebih dari tiga bulan)..
Hasilnya, indikasi Storage Drive C kembali berwarna biru, Ruang yang free di Hardisk juga kembali t lega. Dan yang paling penting, semua program termasuk MS Word, MS Outlook, dll. bisa dijalankan kembali dengan lancar. Yang juga penting, saya tidak merasakan berkurangnya kemampuan Kapersky Antivirus dalam melindungi Laptop saya.

No comments:

Post a Comment

You can use HTML tags.