Saturday, September 14, 2024

Mencegah Kucing Buang Kotoran Sembarangan

Desember 2021 yang lalu saya menulis di blog ini mengenai  Hunian Para Penyayang Kucing di Jalan Kemang Selatan XI, Jakarta Selatan. Saya bukan penyayang kucing, saya juga tidak memelihara kucing, tetapi setiap hari selalu ada kucing kucing di rumah.  Kucing kucing itu milik tetangga saya. Konon dia punya lebih dari 10 ekor kucing. 
Meskipun bukan penyayang kucing,  saya bukan pembenci kucing. Jadi selama ini saya biarkan saja kucing kucing tetangga itu datang ke rumah saya. Sampai suatu hari saya mencium bau tidak sedap. Sesudah dicari,  ternyata bau tidak sedap itu adalah kotoran kucing di samping rumah, dekat jendela ruang makan. Hal ini terjadi beberapa kali.
Sejak saat itu saya  berusaha mencegah kucing kucing tetangga datang ke rumah. Celah celah pagar saya tutup. Namun kucing kucing itu selalu berhasil masuk,  dan berulang kali kami terganggu dengan kotoran kucing tetangga di rumah kami. 
Ada teman menyarankan untuk menyiram tempat kucing suka buang kotoran dengan cairan yang berbau menyengat,  seperti karbol dan cairan pembasmi serangga. Namun ternyata cara ini tidak berhasil. Kucing masih tetap buang kotoran di tempat yang sudah disiram cairan tersebut.  
Suatu hari,  ada teman mengatakan bahwa masalah kucing yang buang kotoran ini bisa diatasi dengan memakai ranting dan daun pohon bidara. Awalnya,  saya tidak cukup yakin, tetapi apa salahnya dicoba.? Apalagi tidak jauh dari tempat tinggal kami ada pohon bidara. Masalahnya adalah pohon bidara itu berduri,  jadi kita harus hati-hati. 

Sesuai saran teman tersebut,  potongan ranting pohon bidara kami taruh di tempat yang sering  dipakai kucing buang kotoran.  Ternyata cara ini berhasil.  Kucing kucing tetangga tidak lagi buang kotoran di tempat ini.


 

No comments:

Post a Comment

You can use HTML tags.