Friday, November 27, 2009

Mencoba Template Blogspot Dengan Automatic Read More.

Sudah lama blog ini tidak ganti template. Kebetulan saya ketemu template blogspot yang sederhana, sesuai namanya SimSimpe Box Templateple Box Template. Selain sederhana, yang saya suka, template buatan Subagya ini dilengkapi fasilitas Automatic Read More. Posting yang panjang otomatis dibagi menjadi dua bagian. Bagian yang kedua akan tampil setelah pembaca mengetik Icon "Read Full Post".

Satu kelebihan blogspot adalah fleksibelitas. Pengguna blogspot bisa mengubah tampilan blog sesuai kesukaannya. Meskipun saya kurang faham CSS dan HTML, saya kadang-kadang suka mengutak-atik (mengedit HTML) template. Jadi template Simple Box Template ini juga saya ubah di sana-sini. Antara lain:

  • Menambah panjang bagian posting yang tampil di halaman blog. Height yang semula 250px saya ganti jadi 450px
  • Memeperlebar halaman blog. Container width yang semula 963px, saya ganti jadi 1200px;
  • Mempejelas pemisahan masing-masing post di halaman blog, dengan <br/> dibawah Read On.
  • Menambahkan Tab About

Yang belum berhasil saya ubah adalah:

  • Mengubah Icon "Read Full Post" yang berupa gambar (image) menjadi "teks", sehingga masih tetap terlihat kalau browser di set "image off". Untuk sementara icon saya ganti dengan icon ini Read More dan saya tambahkan alternate text, dengan harapan, "Read More" tetap terbaca meskipun browser diset untuk tidak menampilkan gambar.
  • Mengubah ukuran font
  • Mengubah warna frame yang kelabu menjadi warna lain.
  • Mengubah lebar posting

Ada yang mau bantu saya?

2 comments:

  1. hehehehe... simple box merupakan template dengan feature auto readmore dengan teknik permainan css, memang sedikit menjlimet kalo belum tebiasa.. semoga berhasil edit templatenya mas.. salam kenal

    ReplyDelete
  2. Wah, nggak nyangka Mas Subagya mampir di blog saya. Setelah coba edit, akhirnya mentok dan nyerah, karena ilmu CSS & HTML nya nggak cukup.
    Salam kenal juga Mas.
    Terima kasih

    ReplyDelete

You can use HTML tags.