Wednesday, June 18, 2014

Bersihkan Facebook dari Status / Posting Yang Tidak Anda Inginkan

Menjelang Kampanye Pilpres 2014, saya sering terganggu dengan makin banyaknya posting/status Facebook mendukung ataupun menentang bahkan mencaci-maki Capres/Cawapres. Sayang sekali saya tidak menemukan setting Facebook untuk mencegah supaya posting/status semacam ini tidak muncul. Sepertinya, Facebook memang tidak menyediakan setting tersebut.

Suatu hari saya mendapatkan halaman web dengan judul How to Block Annoying Political Posts on Facebook. Penulisnya menyarankan aplikasi bernama Social Fixer untuk menangkal/mem-filter posting/status yang tidak kita inginkan. Social Fixer adalah extension yang dapat di-install pada browser seperti Fire Fox, Chrome, dan Opera. Saya telah meng-install Social Fixer pada browser Opera, namun sayangnya cara mengkonfigurasi text filter di Social Fixer terlalu ribet. Di samping itu, saya lihat masih ada beberapa posting/status yang lolos dari fiter Social Fixer (....bocor..bocor....bocor... :) ), Saya tidak tahu apakah itu karena saya keliru mengkonfigurasinya, atau Social Fixer memang tidak mampu mem-filter/menangkal posting/status tersebut.

Belum lama ini saya membaca di web bahwa ada aplikasi yang fungsinya serupa Social Fixer. Nama aplikasi ini F.B. Purity, yang juga dapat di-install pada Fire Fox, Chrome, dan Opera. Saya telah meng-install F.B. Purity pada browser Opera, dan menurut saya, cara mengkonfigurasi text filter di F.B. Purity lebih mudah dari pada Social Fixer. Di samping itu, menurut saya F.B. Purity lebih mampu mem-filter/menangkal posting/status yang tidak saya inginkan. Setelah meng-install F.B. Purity, saya tidak lagi sering terganggu dengan posting/status Facebook yang mencaci-maki Capres/Cawapres, dan status/posting vulgar atau tidak sopan..

http://jenddela.blogspot.com Bersihkan Facebook dari Status / Posting Yang Tidak Anda Inginkan 1

Satu hal yang saya sukai, F.B. Purity memberikan indikasi jumlah posting/status yang di-fiter (tidak ditampilkan). Fasilitas ini tidak ada di Social Fixer. Pada gambar di bawah, tampak bahwa ada 11 post/status yang di-filter oleh F.B. Purity. Kita dapat juga melihat isi posting/status yang difilter. Ini berguna terutama kalau kita baru mengkonfigurasi filter dan ingin memastikan apakah cara kita mem-filter sudah benar. Ada kemungkinan filter kita terlalu ketat, sehingga posting/status yang sopan juga ikut ditangkal/di-filter.

http://jenddela.blogspot.com Bersihkan Facebook dari Status / Posting Yang Tidak Anda Inginkan 2

Hal lain yang saya sukai, F.B. Purity juga dapat di-install di browser SeaMonkey, sedangkan Social Fixer tidak bisa. (Mungkin Anda kurang familiar dengan browser SeaMonkey. Sepertinya saya adalah satu di antara sedikit pengguna SeaMonkey.)

Kalau di halaman Facebook Anda banyak muncul posting/status yang mengganggu, saya sarankan Anda menginstall F.B. Purity. Tetapi kalau Anda adalah pengguna Internet Explorer, Anda belum dapat menikmati fasilitas ini. F.B. Purity dan juga Social Fixer memang tidak di-disain untuk Internet Explorer.

No comments:

Post a Comment

You can use HTML tags.