Monday, March 23, 2020

We're Lost in a Masquerade.

Saat sakit flu atau batuk saya terpaksa memakai masker. Padahal saya tidak suka memakai masker. Masker membuat kita tidak dapat membagi senyuman kepada orang lain. Sedangkan saya percaya, senyum adalah bernilai sedekah. Saya juga kurang suka para wanita memakai masker, karena masker itu menghalangi saya untuk melihat cantiknya paras  mereka. 😊
Menurut WHO masker hanya perlu dipakai oleh orang yang merawat pasien Corona. Tetapi tengah terjadinya wabah virus corona (Covid-19), makin banyak orang merasa perlu memakai masker, termasuk saya.  Tetapi saat ini masker sungguh sangat sulit diperoleh.  Toko/Mini market tempat saya sering membeli keperluan sehari hari  sudah lama tidak punya persediaan masker. Sewaktu saya mencari masker di toko toko online, yang saya jumpai adalah kalimat "Stock habis ". Bahkan konon kabarnya para dokter dan perawat juga kekurangan masker. 
Apakah memakai masker dapat membuat kita terlindung dari  virus corona? Semula saya mengira masker dapat menghalangi  virus masuk ke saluran napas kita. Namun  sesudah melihat pakaian standar (Alat Pelindung Diri) untuk para dokter dan perawat yang menangani pasien Covid-19, saya jadi ragu. Kalau memakai masker dapat membuat kita terlindung dari  virus corona, tentu  para dokter dan perawat tersebut cukup pakai masker saja, tidak perlu memakai Alat Pelindung Diri yang begitu canggih yang mirip pakaian astronot itu. 
Mengingat bahwa virus sangat kecil, bahkan lebih kecil dari mahluk bersel  tunggal semacam protozoa atau amoeba,  saya tidak lagi percaya masker dapat menghalangi  virus. Jadi, apakah saya tidak lagi memakai masker di tengah terjadinya wabah virus corona (Covid-19)? Saya tetap memakai masker kalau terpaksa berada di tengah-tengah orang. Terutama di ruang tertutup. Kita tidak akan pernah tahu, apakah seseorang yang di dekat kita membawa virus corona atau tidak. 
Meskipun masker tidak dapat  menghalangi  virus masuk ke badan saya, saya berharap sekurang nya jumlah virus yang masuk tidak sebanyak apabila saya tidak memakai masker. Dan...berharap kekebalan tubuh saya masih mampu mengalahkan virus tersebut. 


.

No comments:

Post a Comment

You can use HTML tags.