Sunday, March 28, 2010

Ketika Di Rumah Allah Ada Suka Cita dan Duka Cita

Siang itu (28/3/2010) saya sedang lewat di jalan Cinere Raya, Depok. Saat waktu Zuhur tiba, saya mampir di Masjid Raya Cinere yang letaknya dekat Kantor Polres Cinere. Masjid Raya Cinere ini berlantai 2. Di lantai bawah Masjid tampak beberapa orang memakai busana daerah dan ada beberapa alat musik tradisional. Sepertinya ruang di lantai dasar sedang dipakai acara resepsi perkawinan. Karena salat sudah akan dimulai, setelah berwudhu saya langsung naik ke lantai atas dan salat Zuhur bersama para jemaah. Jemaah yang salat Zuhur agak banyak. Tidak hanya yang laki-laki. Jemaah perempuan juga agak banyak. Saya menduga para jemaah adalah keluarga atau tamu mempelai yang sedang melangsungkan resepsi.
Selesai salat, ketika akan keluar Masjid, tanpa saya duga di sisi kanan belakang Masjid saya lihat ada jenazah. Tak lama kemudian, Imam salat meminta agar jenazah dibawa ke depan dan mengajak jemaah untuk salat jenazah. Saya baru mengerti bahwa para jemaah salat Zuhur bukan hanya keluarga atau tamu mempelai yang sedang berbahagia, tetapi juga keluarga yang sedang berduka cita.

2 comments:

  1. Benar Mas, bukan hanya suka dan duka, juga banyak lainnya,salah satunya tempat merenung, bahwa satu sa'at nanti kita juga akan disholatkan oleh orang. Mudah2an kita senantiasa mempersiapkan diri dengan bekal yang cukup.
    Khotbah nih yeach.

    ReplyDelete
  2. @ Oyong:
    Setuju. Mudah2an kita senantiasa mempersiapkan diri dengan bekal yang cukup
    Amin!

    ReplyDelete

You can use HTML tags.