Sunday, May 30, 2010

Lindungi Akun Email, Facebook dan Blog Anda!

Kurang lebih 10 orang teman seniman Jajang C Noer tertipu oleh pembajak instan message yahoo messenger milik Jajang. Selain YM, facebook milik Jajang juga dibajak penipu tersebut. Demikian diberitakan oleh Okezone. Di blog ini, saya pernah menulis mengenai seorang teman yang akun Yahoo nya dicuri. Mirip dengan kasus Jajang C Noer, si pencuri mencoba menipu dengan mengirim email ke alamat-alamat yang ada di address book. Si pencuri mengaku sebagai teman saya, berpura-pura sedang dalam kesulitan dan meminta bantuan uang.

Dari kasus di atas jelas bahwa sangat penting untuk melindungi akun email dan akun jejaring sosial kita. Tidak hanya penting untuk melindungi diri kita sendiri, tetapi lebih penting lagi demi melidungi teman-teman kita. Sekali akun kita tercuri, si pembajak akan sangat leluasa menipu semua teman-teman kita.

Agar yahoo atau facebook kita tidak mudah dibajak, Nukman Lutfi (seperti disiarkan di sebuah TV) menganjurkan untuk memakai password paling sedikit 6 karakter, terdiri dari huruf dan angka dan memakai huruf besar dan huruf kecil. Nukman Lutfi juga menganjurkan agar menggunakan password yang berbeda untuk setiap akun.

Selain memakai password mengikuti anjuran Nukman Lutfi, kita perlu juga memastikan agar kita login pada halaman web yang benar. Bukan halaman web palsu yang dibuat menyerupai Yahoo atau Facebook. Kalau kita tidak teliti kita bisa terkecoh dengan halaman Yahoo atau Facebook palsu yang dibuat sangat mirip dengan halaman aslinya.

anton mail bukan Yahoo Mail

Pastikan pula bahwa kita login pada halaman yang ter-enkripsi (https). Seperti pernah saya tulis di blog ini, jika kita login ke Facebook melalui http://www.facebook.com, ada kemungkinan username dan password kita dapat diketahui dan dipakai oleh orang lain, karena halaman ini tidak ter-enkripsi. Cara login ke Facebook dengan lebih aman dapat dibaca di posting tersebut. Cara yang serupa dapat anda pakai juga untuk login ke Facebook melalui ponsel atau PDA memakai Opera Mini. Yaitu:

  1. Jangan mengisi apapun pada kotak user name dan password (hapus/kosongkan, jika sudah ada isinya)
  2. Klik "Login",
  3. Pastikan ada gambar gembok sebelum mengisi username dan password.

secure login mfacebook.JPG

Serupa dengan Facebook, berhati-hatilah jika login ke Wordpress, karena http://wordpress.com/ adalah halaman yang tidak terenkripsi. Pastikan anda login ke Wordpess melalui halaman yang ter-enkripsi ( https://en.wordpress.com/wp-login.php). Caranya serupa dengan cara login untuk Facebook.

secure login wordpess.JPG

No comments:

Post a Comment

You can use HTML tags.