Saturday, May 26, 2012

Akses Email Yahoo IMAP4

Anda punya account email gratis Yahoo? Saya juga memakai account email gratis Yahoo yang saya buat jauh sebelum Google menyediakan Gmail. Waktu itu Google hanya dikenal sebagai search engine. Sekarang saya juga punya account Gmail.Tetapi saya masih enggan meninggalkan Yahoo, karena alamat email Yahoo saya sudah terlanjur menyebar ke banyak teman. Saya makin betah memakai Yahoo setelah email gratis Yahoo dapat saya akses memakai email client (Thunderbird, Outlook, dll.).

Namun sayang sekali Yahoo tampaknya setengah hati dalam memberikan layanan email gratis. Semula hanya layanan email Yahoo Plus (berbayar) dan yang bukan yahoo.com yang dapat diakses memakai email client. Itupun hanya dengan protocol POP3. Ini sangat berbeda dengan Google yang menyediakan email gratis Gmail yang sejak awal dapat diakses memakai email client dengan pilihan protocol POP3 dan IMAP4. Bahkan anda dapat mengakses Gmail memakai Mail for Exchange (dari mobile device / smart phone) yang biasanya hanya untuk akses dari server Microsoft Exchange.

Sekarang email gratis Yahoo memang dapat diakses memakai protocol POP3 dan IMAP4. Kalau email Yahoo Anda adalah yahoo.com anda perlu berupaya sedikit dengan "memindahkannya" ke server Yahoo Asia. karena email Yahoo.com yang servernya di Amerika Serikat hanya dapat diakses dari web browser atau dengan email client Zimbra. Anda tidak perlu khawtir, "pemindahan" ini tidak mengubah alamat email Anda menjadi Yahoo.co.id ataupun yahoo.com.sg, dan email-email di server Yahoo Anda tidak akan berkurang. Tetapi sedikit sekali publikasi resmi Yahoo mengenai hal ini. Blog yang membahas protocol IMAP4 dan juga POP3 untuk email gratis Yahoo juga sedikit sekali. Apakah Anda dan para pengguna email gratis Yahoo sudahSetting Yahoo IMAP puas dengan mengakses email Yahoo hanya dari web browser?

Untuk protocol IMAP4, sepertinya Yahoo masih dalam proses uji coba. Hal ini terasa karena akses Yahoo memakai protocol IMAP4 beberapa kali tidak bisa dilakukan. Semula saya mengira hal ini karena server Yahoo sedang tidak aktif. Tetapi belum lama ini secara tidak sengaja saya dapatkan bahwa masalah ini antara lain juga karena setelan port IMAP4 Yahoo sering berubah. Semula setelan port IMAP4 Yahoo yang saya pakai adalah SSL dengan port 993. Seminggu lalu email Yahoo tidak bisa saya akses. Kemudian saya coba ubah setelan port IMAP4 Yahoo menjadi Start TLS dengan port 143, dan email Yahoo bisa diakses kembali. Sekitar 3 hari lalu email Yahoo kembali tidak bisa saya akses. Kemudian saya coba ubah setelan port IMAP4 Yahoo kembali menjadi SSL dengan port 993, dan email Yahoo bisa diakses kembali.

Jadi, kalau Anda termasuk di antara sedikit pengguna email gratis Yahoo yang memakai protocol IMAP4, sewaktu mengalami masalah ini, cobalah mengganti-ganti setelan port IMAP4 Yahoo antara SSL dengan port 993 dan Start TLS dengan port 143. Sedangkan Anda yang masih mengakses email Yahoo dari web browser, silakan mencoba akses memakai email client, dan ceritakan pengalaman Anda di sini.



No comments:

Post a Comment

You can use HTML tags.