Monday, November 9, 2020

Email Penipuan Prakerja

"Verifikasi ulang untuk Akun Prakerja anda". Demikian subjek sebuah email yang masuk ke Inbox saya tanggal 5 November 2020.  Di email ini ada lambang Garuda Pancasila dan tulisan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, seperti bisa Anda lihat di bawah ini. Hal ini membuat saya percaya bahwa email ini resmi dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.


Meskipun saya percaya bahwa email ini dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, tetapi saya pikir email ini salah alamat, karena saya bukan termasuk orang yang sedang mencari pekerjaan. Jadi email ini saya abaikan.

Esok harinya,  Sabtu, 6 November 2020, saya mendapatkan kejanggalan pada email ini. Alamat pengirim email ini tidak sebagaimana lazimnya alamat instansi pemerintah, yang biasanya  berakhiran ".go.id". Alamat  pengirim email ini adalah help@canongenset.com. Silakan lihat gambar di bawah.


Saya simpulkan, email ini dikirim oleh pihak yang ingin mengambil keuntungan dengan mengaku sebagai instansi pemerintah. Mudah mudahan tidak ada yang tertipu. 

Pertanyaan saya,  apakah pihak berwenang akan menindak pelaku pengirim email ini?


No comments:

Post a Comment

You can use HTML tags.