Sunday, November 11, 2012

Pencuri Account Email

Pada posting "An Email From United Kingdom?" saya pernah menulis tentang akun email teman saya yang dibajak, kemudian dipakai untuk meminta bantuan (uang). Seolah teman saya tersebut sedang ditimpa kesulitan. Okezone.com juga pernah memberitakan bahwa sekitar 10 orang teman seniman Jajang C Noer tertipu oleh pembajak instan message yahoo messenger milik Jajang. Selain YM, Facebook milik Jajang juga dibajak penipu tersebut.

Ternyata para pencuri account email sekarang memakai cara baru. Tanggal 7 November 2012 yang lalu saya mendapat kiriman email. Isinya memberitahukan bahwa akun email saya akan di suspend. Kemudian saya diminta agar mengkonfirmasi ulang alamat email dan password saya.

Pencuri Password Email

Saya memang mempunyai beberapa akun email. Ada yang IMAP, ada yang POP3 dan ada juga yang MS Exchange dari beberapa provider. Saya curiga kepada pengirim email ini karena:

  • Pengirim email ini tidak menyebutkan akun email saya yang mana yang akan di suspend.
  • Domain yang ada di alamat email pengirim bukan domain account email yang saya pakai.
  • Pengirim email meminta agar saya memberitahukan password.

Karena itu, email tersebut saya abaikan dan sampai saat ini semua email saya masih tetap berfungsi normal. Tak ada satu accoun emailpun yang di suspend.

Jadi, kalau Anda pernah menerima kiriman email semacam ini, abaikan saja. Si pengirim email ingin mencuri account email Anda dengan cara berpura-pura sebagai pengelola provider email Anda. Kalau si pencuri berhasil mencuri account email Anda, maka si pencuri juga akan dengan mudah mencuri account Facebook Anda.

Untuk menghindari supaya kita tidak mengalami masalah seperti yang telah menimpa Jajang C Noer, maka kita perlu melindungi akun email dan facebook kita. Tentang bagaimana melindungi akun email dan facebook, sudah pernah saya tulis di posting Lindungi Akun Email, Facebook dan Blog Anda! dan posting Jangan Asal LogIn di Facebook!

No comments:

Post a Comment

You can use HTML tags.